Waspadai Korek Telinga

Apakah Anda sering menusuk gendang telinga anak ketika membersihkan dengan korek kuping? Waspadalah karena bisa menimbulkan masalah serius pada pendengaran anak. Bersihkan kotoran telinga anak secara aman dengan mengikuti petunjuk di bawah ini:

Hindari
  • Membersihkan telinga lebih dari dua kali seminggu. Kotoran telinga sebenarnya menguntungkan dan membantu menjaga kelembapan saluran telinga sekaligus mencegah debu dan kotoran masuk. Jika telinga sering dibersihkan tidak ada lagi yang bisa menyaring kotoran masuk ke telinga.
  • Menggunakan cotton swab atau benda kecil lain untuk membersihkan telingga. Jika cotton swab dimasukkan terlalu dalam, dapat membuat memar atau merobek gendang telinga sehingga bisa menyebabkan gangguan pendengaran serius.
  • Menggunakan cairan yang dijual bebas untuk membersihkan telinga jika anak Anda memiliki ear tubes (alat bantu dengar). Bahan-bahan seperti peroksida dan alkohol dapat membakar dan menyebabkan peradangan jika mengenai ear tubes.
Lakukan
  • Gunakan tisu atau kain hangat. Tisu atau kaingan hanya sangat lembut untuk membersihkan kotoran telinga dari salurang telinga.
  • Kunjungi dokter jika anak Anda sakit atau mengeluh pendengaran menurun. Hal ini dapat disebabkan jumlah kotoran yang berlebih di rongga telinga. Dokter Anda akan mengeluarkan kotoran itu atau memberi resep untuk membersihkan.
  • Cobalah tetesan minyak mineral. Jika anak Anda memiliki penumpukan kotoran telinga ringan sampai sedang, gunakan dua atau tiga tetes meinyak mineral dua kali seminggu untuk melunakkan kotoran telinga dan mencegah penumpukan.
Sumber:  http://www.parentsindonesia.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Kata Bijak, Kata Mutiara, Kata Motivasi, Tausiyah dan Nasehat Islami, Kalimat Indah, Dr. Aidh Al Qarni, dalam bukunya "La Tahzan" (Jangan Bersedih)

Motivasi Diri :: Kumpulan 100 Pepatah Cina Terbaik

Kata Bijak dan renungan untuk Remaja islam tentang jodoh / pacaran

HIKAYAT SRI RAMA

Mesum Di area Sunan Giri, Sepasang ABG jadi PAtung