Mengajak Anak Gemar Olahraga

Berolahraga bukan sekedar untuk kebugaran tubuh. Bagi anak-anak, olahraga bisa membantu mereka menjaga berat badan ideal agar tidak mengalami obesitas. 

Bagaimana cara membuat anak gemar berolahraga? Triknya adalah dengan menemukan satu jenis kegiatan olahraga yang disukai anak seperti sepakbola, basket, renang, dll. Saat anak mulai intens mendalami olahraga tersebut, usahakan agar mereka rutin melakukannya setiap minggu.  

Yang harus dilakukan agar anak tergerak untuk berolahraga:

â–º        Jauhkan anak dari televisi dan berbagai jenis video game, atau setidaknya batasi waktu anak untuk menonton tv dan untuk bermain video game.

â–º        Motivasi anak untuk melakukan berbagai aktivitas seperti berjalan pagi bersama, bersepeda di sore hari dan mengisi hari libur dengan bersenang-senang di kolam renang.

â–º        Ganti rutinitas harian yang biasa dilakukan seperti berjalan kaki ke sekolah daripada naik mobil pribadi (jika jaraknya tidak terlalu jauh), menggunakan tangga daripada eskalator, berjalan santai di kebun raya daripada pergi ke mal.

â–º        Jadikan kegiatan olahraga sebagai hadiah untuk prestasi anak daripada memberi mereka mainan. Misalnya jika ulangan si kecil mendapat nilai bagus, ia bisa bermain ice skating di hari minggu.

â–º        Yang terpenting, Anda harus menekankan olahraga sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan dan bukan suatu kegiatan dimana anak harus sangat pandai melakukannya.

Sumber :  http://www.parentsindonesia.com

Komentar

  1. memang anak lebih baik diperkenalkan permainan olahraga daripada video games atau hp... makasih infonya!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Kata Bijak, Kata Mutiara, Kata Motivasi, Tausiyah dan Nasehat Islami, Kalimat Indah, Dr. Aidh Al Qarni, dalam bukunya "La Tahzan" (Jangan Bersedih)

Motivasi Diri :: Kumpulan 100 Pepatah Cina Terbaik

Kata Bijak dan renungan untuk Remaja islam tentang jodoh / pacaran

HIKAYAT SRI RAMA

Mesum Di area Sunan Giri, Sepasang ABG jadi PAtung