Adab sebelum tidur

Beberapa adab sebelum tidur yg mungkin sering dilupakan.
Mematikan api dan menutup pintu-pintu sebelum tidur
Perkara yang penting untuk diperhatikan ketika hendak tidur adalah mematikan api yang ada di dalam rumah. Hal ini berdasarkan sebuah hadits dari sahabat Jabir radhiyallahu‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Matikanlah lentera-lentera ­ jika kalian hendak tidur! Tutuplah pintu-pintu, bejana-bejana, makanan dan minuman!” (HR Bukhari)
Tutuplah pintu-pintu, maksudnya jangan lupa mengunci pintu dengan baik, bejana-bejana karena di khawatirkan ada hewan kecil yg masuk dan bisa mnegotori dalam bejana, begitu juga makanan dan minuman.
Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma juga meriwayatkan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

“Janganlah kalian membiarkan api menyala di rumah-rumah kalian ketika kalian tidur.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
Di zaman Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, di Madinah terdapat sebuah rumah yang terbakar di malam hari, kemudian disampaikan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang hal itu, maka beliau bersabda:

“Sesungguhnya api ini adalah musuh kalian. Maka jika kalianhendak tidur, matikanlah dia!”(HR. Al-Bukhari dan Muslim)
Al-Imam Yahya bin Syarof An-Nawawi mengatakan, “Hal ini berlaku secara umum termasuk api lentera dan yangselainnya. Adapun lampu-lampu yang tergantung di masjid-masjid, jika dikhawatirkan terjadi kebakaran disebabkannya, maka termasuk yang diperintahkan untuk dimatikan. Jika dirasa aman darinya –dan ini adalah kebanyakannya–, ­ maka hal ini tidak apa-apa karena sebabnya sudah hilang. Karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan sebab dari perintah mematikan api, yaitu tikus-tikus itu dapat membakar rumah-rumah dengannya, maksudnya tikus menjatuhkan lentera dan api bisa membakar rumah.”
Dijaman sekarang kita mengenal lampu, yang memakai tenaga listrik, nah alangkah baiknya lampu dimatikan , satu untuk menghemat dan lainnya jelas tidak memboros. dan setidaknya lebih aman kalau mematikan/ ­memadamkan lampu. kalau memang dirasa perlu menghidupkan lampu, maka tak mengapa menghidupkannya ­.
Mencuci tangan dari kotoran sebelum tidur.
Syariat yang mulia ini mengajarkan kepada kita agarmenjaga kebersihan, termasuk berkaitan dengan pembahasan kita tentang adab tidur. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kita tidur sebelum mencuci kedua tangan yang kotor akibat makanan, sebagaimana sabdanya:

“Barangsiapa yang tidur dan di tanganya ada ghomar yang tidak di basuh kemudian terjadi sesuatu yang tidak disukainya, maka janganlah mencela kecuali terhadap dirinya sendiri.” (HR. At-Tirmidzi, Abu Daud, dan Ibnu Majah, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)
Ghomar adalah kotoran dan bau tak sedap pada tangan saat setelah makan.

Sumber: http://ajipangestu-irrsad.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Kata Bijak, Kata Mutiara, Kata Motivasi, Tausiyah dan Nasehat Islami, Kalimat Indah, Dr. Aidh Al Qarni, dalam bukunya "La Tahzan" (Jangan Bersedih)

Motivasi Diri :: Kumpulan 100 Pepatah Cina Terbaik

Kata Bijak dan renungan untuk Remaja islam tentang jodoh / pacaran

HIKAYAT SRI RAMA

Mesum Di area Sunan Giri, Sepasang ABG jadi PAtung