Tip Memilih Sunblock

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruang, tentunya sudah tidak asing lagi dengan penggunaan sunblock. Terlebih jika Anda berkulit putih, semakin putih kulit maka Anda pasti membutuhkan sunblock. Tapi apakah sunblock yang Anda pilih sudah tepat? Dr. Amaranila Lalota Drijono, SpKK, dari Perempuan Clinic dan Rumah Puan, berbagi tip memilih sunblock yang tepat bagi Anda.

1 PA+++

Menurut Dr. Amaranila, sunblock berfungsi sebagai tabir surya yang mencegah masuknya sinar matahari ke dalam kulit. Jadi usahakan memilih sunblock atau sunscreen yang memiliki daya proteksi terhadap sinar Ultra Violet A, produk seperti ini ditandai dengan kode PA+++.

2 SPF

Tidak haya sinar UVA yang harus Anda waspadai, sinar UVB juga. Kandungan SPF pada sunblock mencegah sinar UVB masuk ke dalam kulit. Hingga saat ini, belum ada sunblock yang cukup dioleskan satu kali untuk melindungi kulit Anda sepanjang hari, Anda harus mengulangnya setiap beberapa jam sekali—sesuai dengan SPF-ya. Contohnya SPF 30, jika Anda masuk beraktivitas di luar ruang, maka Anda perlu mengulang pengolesannya setiap 3 jam sekali.

3 Lama Aktivitas

Sesuaikan pilihan sunblock dengan lamanya aktivitas Anda terpapar sinar matahari langsung. Jika Anda terpapar sinar matahari langsung lebih dari 15 menit maka Anda membutuhkan sunblock dengan kandungan minimal SPF 30 dan PA+.

4 Water Resistant

Anda memerlukan sunblock dengan keunggulan water resistant jika Anda banyak melakukan kegiatan fisik sehingga banyak menguras keringat. Anda yang sering berolahraga air juga membutuhkan sunblock jenis ini.

5 Pure Sunblock

Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya pilih produk sunblock tersendiri, bukan sunblock yang terkandung dalam foundation atau alas bedak.

6 Hypoallergenic

Bayi di bawah umur 1 tahun belum membutuhkan sunblock, Anda hanya perlu membuatnya terhindar dari paparan sinar matahari berlebih. Bila Anda mencari sunblock untuk si kecil, pilih sunblock yang ringan, tanpa pemutih, bebas pewangi, dan hypoallergenic.

7 Water base

Sesuaikan sunblock dengan area kulit yang akan dioleskan. Sunblock berbentuk gel dan lotion berbahan dasar air (water base) adalah pilihan yang sesuai bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak atau berjerawat. Untuk daerah berrambut, pilih sunblock jenis lotion atau spray.

Sumber: http://www.parentsindonesia.com 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Kata Bijak, Kata Mutiara, Kata Motivasi, Tausiyah dan Nasehat Islami, Kalimat Indah, Dr. Aidh Al Qarni, dalam bukunya "La Tahzan" (Jangan Bersedih)

Motivasi Diri :: Kumpulan 100 Pepatah Cina Terbaik

Kata Bijak dan renungan untuk Remaja islam tentang jodoh / pacaran

HIKAYAT SRI RAMA

Mesum Di area Sunan Giri, Sepasang ABG jadi PAtung