Perempuan Pertama di Pengadilan Tinggi Kanada

Meski banyak anggapan negara-negara Barat lebih tinggi tingkat emansipasinya, namun pada kenyataannya, masih banyak posisi-posisi yang “dikuasai” laki-laki hingga beberapa tahun belakangan. Misalnya di Kanada. Perempuan pertama yang menjadi anggota Pengadilan Tinggi Kanada baru terjadi 4 Maret 1982 ketika mengangkat Bertha Wernham Wilson.

Bertha lahir di Kirkcaldy, Fife, Skotlandia pada 18 September 1923. Masa kecil dan sekolahnya dihabiskan di negeri kelahirannya. Ia meraih gelar Master of Arts bidang filosopi dari University of Aberdeen, Skotlandia, tahun 1944. Tahun 1945 ia menikah dengan John Wilson. Mereka kemudian beremigrasi ke Kanada tahun 1949.

Di negara baru itu ia melanjutkan sekolah dengan mengambil pendidikan hukum di Dalhousie University. Tahun 1957 ia dipanggil menjadi pengacara lembaga bantuan hukum pemerintah provinsi Nova Scotia, Kanada. Kemudian pindah ke Toronto dan bergabung dengan firma hukum Osler, Hoskin & Harcourt tahun 1959.

Berkat dedikasinya yang tinggi, pada tahun 1975 ia menjadi perempuan pertama di Kanada yang diangkat menjadi anggota Pengadilan Banding. Kemudian pada 4 Maret 1982 diangkat menjadi anggota Pengadilan Tinggi Kanada. Ia meninggal pada tahun 2007.

Sumber: andriewongso.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Kata Bijak, Kata Mutiara, Kata Motivasi, Tausiyah dan Nasehat Islami, Kalimat Indah, Dr. Aidh Al Qarni, dalam bukunya "La Tahzan" (Jangan Bersedih)

Motivasi Diri :: Kumpulan 100 Pepatah Cina Terbaik

Kata Bijak dan renungan untuk Remaja islam tentang jodoh / pacaran

HIKAYAT SRI RAMA

Mesum Di area Sunan Giri, Sepasang ABG jadi PAtung