27 Kesalahan Orang Sehat

Kita memilih makanan sehat, olahraga di luar ruangan (ketika bisa), kemudian mengukur pinggang. Itu berarti kita sudah sehat?

Tidak banyak orang dalam kondisi prima (untuk saat ini) memiliki kebiasaan atau keyakinan yang dapat menempatkan mereka pada risiko penyakit atau cedera di jalan. Baca terus untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang umum dilakukan oleh orang sehat, seperti dilansir situs Health, sehingga kita dapat menghindarinya.

- SELALU MEMBELI YANG ORGANIK
     Membeli organik adalah bijaksana untuk makanan tertentu, seperti daging sapi atau stroberi, tapi tidak membuat banyak perbedaan bagi orang lain untuk avokad atau telur. Jangan menganggap semua makanan organik lebih sehat daripada pilihan non-organik, atau organik sama dengan sehat. Pilihan organik biasanya disediakan di restoran mewah. Dan organik tinggi kalori, tinggi lemak dan organik manis, sama buruknya dengan versi non-organik.
- TIDAK CUKUP BERSOSIALISASI
     Meskipun kita mungkin merasa saleh dalam kehidupan pribadi, jangan lupa untuk bersosialisasi dengan teman-teman. Penelitian menunjukkan, jaringan sosial yang baik, baik juga untuk kesehatan. Cobalah untuk menjadwalkan bertemu dengan temn-teman. Hanya berhubungan dengan orang lain dan mempertahankan jaringan-jaringan sosial seiring pertambahan usia, baik untuk kesehatan kita.
- SEDIKIT TIDUR
     Apakah ide yang baik, bangun pukul 5 pagi dan pergi ke pusat kebgaran? Tidak, jika kurang tidur, menurut Gary Rogg, MD, seorang dokter dan asisten profesor di Montefiiore Center di Bronx, New York. Penelitian secara konsisten menunjukkan, orang membutuhkan setidaknya tujuh jam tidur malam untuk kesehatan yang optimal, dan sedikit tidur dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi, depresi, diabetes, dan mengurangi kekebalan terhadap vaksin.
- KURANG CERDAS DALAM PEMILIHAN SUPLEMEN
     Lebih baik tidak mengonsumsi vitamin dan suplemen, karena terlalu banyak yang sebenarnya bisa berbahaya. Pada tahun 2011, analisis data pada hampir 40.000 wanita menemukan, mereka yang mengonsumsi suplemen diet, terutama besi, sebenarnya beresiko sedikit lebih tinggi dari kematian, meskipun para peneliti tidak yakin penyebabnya. Jika harus mengonsumsi suplemen, konsumsilah secara moderat, sesuai dosis harian yang sudah dianjurkan petugas medis.
- MELAKUKAN TES YANG TIDAK PERLU
     Seperti halnya vitamin dan mineral, lebih banyak tidak selalu berarti lebih baik ketika melakukan tes medis. Apalagi bila tes tersebut mendatangi langsung konsumen, seperti tes kalsium, skor jantung. Sementara tes ini - CT scan yang mengidentifikasi timbunan kalsium di arteri jantung - berguna untuk kelompok tertentu yang beresiko, tidak semua orang, kata Dr. Rogg. Padahal tes ini akan menyebabkan radiasi setara dengan 25 - 50 sinar-X di dada.
- MEMOHON DBERI ANTIBIOTIK
     Masih banyak orang bertanya kepada dokter apakah diberi resep antibiotik atau antiviral untuk gejala yang mungkin akan hilang dengan sendirinya, atau hanya karena mereka takut sakit. Dan beberapa dokter mungkin meresepkannya. Obat ini juga membawa resiko terhadap masalah resistensi obat yang membunuh bakteri baik dalam tubuh kita. Biarkan dokter memutuskan apakah gejala yang dimiliki perlu obat-obatan atau tidak.
- FOBIA KUMAN
     Bisa jadi kita salah satu orang yang tidak pernah meninggalkan rumah tanpa membawa pembersih tangan. Lalu, kita harus mencuci tangan dengan sabun dan air untuk membunuh kuman yang dapat membuat sakit. Tetapi bukti juga menunjukkan beberapa paparan kuman bisa mengarahkan sistem kekebalan tubuh jauh dari alergi, dan lingkungan yang terlalu steril mungkin buruk. Bakteri baik merupakan kunci untuk tetap sehat, terutama untuk kulit, saluran pencernaan, dan vagina. Jadi, "takut kuman" tidak sama dengan "kesehatan yang baik."
- LEBIH MEMILIH PENGOBATAN ALTERNATIF
     Sekali waktu, akupunktur, obat herbal, atau biofeedback kadang-kadang bisa menyembuhkan pada orang tertentu. Tapi, jika kita terlalu mengandalkan memilih pengobatan alternatif dengan obat herbal, bukan kemoterapi, misalnya, bisa jadi kita justru kehilangan obat terbaik. Cobalah untuk tetap berpikiran terbuka dan berkonsultasi dengan ahlinya untuk mendapatkan informasi yang jelas dari pilihan kita.
- MENUNDA PERAWATAN MEDIS
     Anda sehat, sehingga mengabaikan nyeri dada atau rasa panas di perut? Atau bingung ini tidak mungkin stroke, bukan? Terlalu sering, orang untuk mengabaikan gejala serius, padahal sebenarnya pengobatan yang cepat dapat membantu mencegah jantung permanen atau kerusakan otak. Semakin cepat Anda mendapatkan perawatan untuk stroke atau serangan jantung, semakin berkurang kehilangan Anda terhadap jaringan jantung atau otak. Jadi jangan tunda jika Anda memiliki gejala stroke atau serangan jantung.
- LATIHAN SENDIRI UNTUK MEMANGKAS BERAT BADAN
     Olahraga teratur sangat penting untuk kesehatan dan menjaga berat badan yang sehat, tetapi tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan kecuali jika mengurangi asupan kalori.
- MENGABAIKAN NATRIUM
     Anda menghindari makanan dengan lemak jenuh. Tapi natrium? Terlalu sering orang mengabaikan natrium ketika memilih makanan sehat. Asupan natrium tinggu tekait dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi. Sebagian besar kelebihan natrium yang kita konsumsi berasal dari makanan kemasan dan siap saji, misalnya dari saus spaghetti. Selalu periksa label nutrisi untuk kandungan natrium. Institute of Medicine menyarankan orang membatasi asupan natrium dibawah 2.300 mg per hari, dan 1.500 mg untuk orang berusia 51 tahun dan lebih tua, dan orang dengan tekanan darah tinggi atau diabetes.
- MINUM SODA BEBAS KALORI
     Minuman dengan pemanis buatan tanpa kalori, tidak berarti baik untuk kesehatan. Orang yang minum banyak soda diet lingkar pinggangnya lebih luas lima kali lebih dibanding orang yang tidak minum diet soda sama sekali.
- MINUM TERLALU BANYAK AIR
     Dehidrasi itu buruk. Lalu lebih banyak air tentu baik, bukan? Itu benar, pada satu masalah. Terutama jika Anda menjalankan maraton atau kerja fisik berat lainnya, acara panjang itu penting untuk menghindari air minum terlalu banyak, yang dapat menyebabkan keracunan air (dikenal sebagai hiponatremia).
- BERBOHONG KEPADA DOKTER
     Kita tidak memberitahu kepada dokter apakah kita merokok atau minum alkohol melebihi dosis. Atau tidak berniat menebus resep. Peneliti Harvard Medical School menemukan hanya satu dari lima kali resep yang ditebus penuh (terutama berlaku untuk kondisi kronis seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan diabetes). Lebih baik jujur kepada dokter Anda, yang dapat membantu menemukan cara untuk menghentikan kebiasaan buruk atau menemukan pengobatan yang murah.
- ANDA BERPIKIR LEBIH TAHU DARIPADA DOKTER
     Dengan internet di ujung jari kita, kita merasa lebih pintar sekarang. Lalu kita mendapatkan bantuan informasi mengenai masalah kesehatan tertentu dari moderator online. Tapi mereka tidak bisa menggantikan saran dokter.
- MAKANAN KEMASAN SAMA DENGAN MAKANAN SEHAT
     Makanan atau produk kosmetik alami terdengar menarik dan sehar, namun pada kenyataannya, FDA menyebutkan produk yang alami asalkan tidak mengandung warna buatan, rasa buatan, atau bahan sintetis. Produk yang mengklaim rendah lemak, masih mungkin tinggi pula, natrium atau tinggi kalori.
- BEROLAHRAGA TERLALU BANYAK
     Aktivitas fisik memang baik, tetapi tubuh juga butuh istirahat, terutama setelah latihan ekstra keras. Tanda-tanda bahwa Anda bekerja terlalu keras meliputi mental dan fisik, termasuk kelelahan, sulit tidur, penurunan kekebalan tubuh, nyeri otot, dan cedera. Untuk menghindari cedera berlebihan, variasikan rutinitas dan memberikan diri untuk libur dari olahraga berat.
- TIDAK MAKAN BUAH-BUAHAN DAN SAYURAN
     Makan setidaknya lima porsi buah dan syuran per hari. Makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker, serta membantu mengelola berat badan. Namun, survei tahun 2009 menyebutkan hanya sepertiga orang dewasa makan setidaknya dua porsi buah per hari, dan hanya sekittar seperempat makan tiga atau lebih porsi sayuran tiap hari.
- TEROBSESI DENGAN DETAIL.
     Kesehatan tidak harus dilihat sebagai sesuatu untuk diperjuangkan, tetapi sebagai cara hidup. Kadang orang-orang yang ingin menjadi fokus sehat menghindari makanan "buruk" dan terobsesi dengan angka-angka, seperti indeks massa tubuh mereka. Fokuskan pada apa yang membuat bahagia dan pada hal-hal yang akan membuat bahagia, dan nikmati diri sendiri.
- MELEWATKAN VAKSIN.
     Orang dewasa perlu suntukan juga untuk mencegah dari penyakit yang dapat dicegah, dari flu hingga kanker serviks dan herpes zoster. Rekomendasi cakupan vaksin dewasa bervariasi berdasarkan usia, kesehatan, melakukan perjalanan ke mana, dan apa yang terkena. Tanyakan pada dokter Anda vaksin yang Anda butuhkan.
- TIDAK MEMILIKI TEMAN-TEMAN YANG SEHAT.
     Kebiasaan kesehatan yang baik menular, dan kebiasaan kesehatan buruk, juga. Beberapa penelitian terbaru menunjukkan, obesitas, merokok, bahkan kebahagiaan, menyebar melalui jaringan sosial. Cobalah untuk menjalin persahabatan dengan orang-orang yang kebiasaan kesehatannya ingin Anda tiru dan mendorong teman-teman untuk bergabung dalam gaya hidup sehat.
- MENGHINDARI DOKTER.
     Anda tahu kalau harus makan lebih baik, berolahraga, menurunkan berat badan, berhenti merokok, lalu apa yang bisa dokter lakukan untuk membantu? Banyak. Penelitian telah menunjukkan, orang memiliki kesempatan yang lebih baik mencoba berhenti merokok, dan berhasil, ketika dokter menyarankan mereka untuk melakukannya. Dokter juga dapat meresepkan obat yang dapat membantu suksesnya berhenti merokok. Sayangnya tidak ada obat yang aman untuk membantu menurunkn berat badan, saran dokter dapat memberi kesempatan yang lebih baik untuk berhasil dalam pemangkasan berat badan.
- TIDAK MEMBACA LABEL NUTRISI.
     Label nutrisi berisi informasi tentang kalori dari makanan, gula, lemak, dan kandungan natrium, yang memberikan infomasi apakah makanan tersebut baik untuk Anda. Pastikan juga untuk mempehatikan ukuran porsi yang juga tercantum di label.
- BERPIKIR BAHWA CUKUP DENGAN PERAWATAN KESEHATAN TEKNOLOGI TINGGI.
     Misalnya, berpikir memasang stent untuk membuka sumbatan arteri jantung, padahal sebenarnya tidak perlu. Jangan berpikir teknik medis di masa depan akan menyembuhkan di tengah jalan, tetapi sempatkan untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih baik. Tidak ada pengganti untuk pencegahan. Dokter memiliki banyak obat, tapi itu pun tidak sempurna.
- TIDAK MEMILIKI DOKTER UTAMA.
     temukan seorang dokter yang Anda sukai dan percaya, dan bangun kemitraan dengannya atau waktu konsultasi dengannya, ini salah satu terbaik yang dapat dilakukan untuk kesehatan kita.
- MELEWATKAN PEMERIKSAAN.
     Banyak orang mungkin tidak perlu repot-repot untuk kujungan, tetapi hanya pergi ke dokter ketika merasa sakit atau saat sakit. Ini berarti tes skrining yang penting hilang, yang dapat menangkap masalah awal ketika seharusnya diobati, dan juga kehilangan kesempatan untuk mengenal dokter Anda.
- TIDAK MENGERTI TENTANG CATATAN KESEHATAN.
     Anda tidak perlu memiliki lemari arsip hasil dari setiap tes medis yang pernah dilakukan, tapi catat beberapa bagian kunci dari informasi kesehatan yang mengarah kepastian Anda harus mendapatkan perawatan kesehatan yang dibutuhkan. Minimal, catat vaksin apa yang sudah diterima dan kapan, serta tanggal dan hasil tes medis baru.

Sumber: intisari-Online.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Kata Bijak, Kata Mutiara, Kata Motivasi, Tausiyah dan Nasehat Islami, Kalimat Indah, Dr. Aidh Al Qarni, dalam bukunya "La Tahzan" (Jangan Bersedih)

Motivasi Diri :: Kumpulan 100 Pepatah Cina Terbaik

Kata Bijak dan renungan untuk Remaja islam tentang jodoh / pacaran

HIKAYAT SRI RAMA

Mesum Di area Sunan Giri, Sepasang ABG jadi PAtung