Adab Tidur

     Mungkin kita sering berfikir kenapa ibu tidak pernah bosan mengingatkan kita untuk gosok gigi dan berdoa sebelum tidur. Padahal mata sudah berat dan mengantuk sekali. Itu semua agar gigi kita tidak menjadi sarang penyakit dan bakteri.
Rasululloh SAW mengajarkan beberapa adab sebelum tidur :

1. Berwudhu sebagaimana wudhu shalat. Yaitu, kita berwudhu sebagaimana yang kita kerjakan ketika hendak melaksanakan shalat. Hal itu agar seorang muslim tidur dalam keadaan suci. Dan yang pasti menggosok gigi terlebih dahulu.

2. Membersihkan tempat tidur, bisa dengan cara mengibaskan sprei tiga kali atau menggunakan penebah. Sehingga tempat tidur kita menjadi bersih dari debu, kotoran dan serangga yang mungkin kebetulan mampir di ranjang.

3. Tidur dengan posisi miring menghadap kiblat (kepala di sebelah utara).

4. Rasululloh SAW melarang kita tidur diatas perut (tengkurab), karena tidur tersebut seperti cara tidurnya para penghuni neraka.(hiiii...)

5. Membaca surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq dan surat An-Nas. Setiap surat dibaca sebanyak tiga kali.

6. Membaca doa sebelum tidur.

7. Ketika bangun tidur hendaknya kita membaca doa bangun tidur. Kemudian melaksanakan shalat shubuh setelah berwudhu.

8. Jika di antara kita ada yang belum hafal ayat-ayat atau dzikir-dzikir tadi, hendaknya minta diajarkan sama ayah-ibu atau kakak-kakak, selanjutnya kita menirukannya dan mengulang-ulanginya sehingga bisa hafal setelah itu.

9. Tidak harus melakukannya semua. Mulailah dari yang paling ringan dahulu. Nanti, kalau sudah bisa satu, tambah satu lagi sampai bisa semuanya. Selamat memulai adab-adab tidur. Sudah saatnya kita tidur nyenyak tanpa diganggu setan.

Alhamdulillahilladzi Ahya naa, ba'da maa amaatanaa wa ilaihinnusyuur

Sumber: Nurul Hayat


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Kata Bijak, Kata Mutiara, Kata Motivasi, Tausiyah dan Nasehat Islami, Kalimat Indah, Dr. Aidh Al Qarni, dalam bukunya "La Tahzan" (Jangan Bersedih)

Motivasi Diri :: Kumpulan 100 Pepatah Cina Terbaik

Kata Bijak dan renungan untuk Remaja islam tentang jodoh / pacaran

HIKAYAT SRI RAMA

Mesum Di area Sunan Giri, Sepasang ABG jadi PAtung