Larva Lalat Enyah dengan Buah Bintaro

rw21permatacimanggis.blogspot.com
                         Buah bintaro ini bisa dimanfaatkan sebagai biolarvasida.
Lalat rumah (Musca domestica) termasuk salah satu serangga yang menjadi musuh manusia. Serangan ini menyebarkan penyakit melalui makanan yang mereka hinggapi. Mengusir lalat tidak semudah yang dibayangkan.

Untuk mencegah datangnya lalat, caranya adalah dengan memutus siklus kehidupannya. Larvasida adalah zat untuk membunuh larva. Di pasaran dijual larvasida yang terbuat dari bahan kimia. Hanya saja jenis ini berpotensi membahayakan kesehatan manusia dan tidak ramah lingkungan.

Nah, jika ingin memanfaatkan apa yang ada di alam, cara yang disarankan drh. Meriza Fitri dan koleganya dari Institut Pertanian Bogor ini bisa dicoba. Meriza menggunakan ekstrak buah bintaro (Cerbera odoollam).

Dari penelitian yang telah dilakukan ternyata ekstrak buah bintaro efektif sebagai biolarvasida lalat rumah. Dengan konsentrasi 80 persen, biolarvasida mampu membunuh 90 persen larva dalam waktu 4,9 jam.

Bagaimana membuat biolarvasida dari buah bintaro?

Biji dan kulit buah bintaro diekstrak menggunakan metode maserasi (direndam). Sebelum diekstrak, biji dan kulit buah dipotong halus kemudian dikeringkan dalam oven pada suhu 50 derajat Celcius dengan kelembaban 60 - 70 persen. Setelah itu biji dan kulit buah yang telah kering digiling halus dan direndam dalam metanol 96 persen selama 3 hari.

Hasil rendaman kemudian dikeringbekukan dengan evaporator dan freeze dryer. Hasil akhir evaporasi berupa ekstrak kering biji dan kulit buah bintaro. Konsentrasi ekstrak kering ini kemudian diturunkan hingga tinggal 80 persen.

Selamat mencoba!

Sumber :  http://intisari-online.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Kata Bijak, Kata Mutiara, Kata Motivasi, Tausiyah dan Nasehat Islami, Kalimat Indah, Dr. Aidh Al Qarni, dalam bukunya "La Tahzan" (Jangan Bersedih)

Motivasi Diri :: Kumpulan 100 Pepatah Cina Terbaik

Kata Bijak dan renungan untuk Remaja islam tentang jodoh / pacaran

HIKAYAT SRI RAMA

Mesum Di area Sunan Giri, Sepasang ABG jadi PAtung